Kamis, 17 Januari 2013

Menangis Karena Takut Allah

Rasulullah SAW telah bersabda,"Bahwa tidak akan masuk neraka orang menangis karena takut kepada Allah SWT sehingga ada air susu kembali ke tempat asalnya." Dalam sebuah kitab Daqa'iqul Akhbar menerangkan bahwa akan didatangkan seorang hamba pada hari kiamat nanti yang sangat berat timbangan kejahatannya dan telah diperintahkan untuk dimasukkan ke dalam neraka. Maka salah satu dari bulu matanya berkata,"Wahai Tuhanku, Rasul Engkau Nabi Muhammad SAW telah bersabda, barangsiapa yang menangis karena takut kepada Allah SWT, maka Allah SWT mengharamkan matanya itu ke neraka dan sesungguhnya aku menangis karena sangat takut kepada-Mu."

Akhirnya Allah SWT mengampuni hamba itu dan menyelamatkannya dari api neraka dengan berkat sehelai bulu mata yang pernah menangis karena takut kepada Allah SWT. Malaikat Jibril AS mengumumkan, telah selamat Fulan bin Fulan sebab sehelai bulu mata." Dalam sebuah kita lain, Bidayatul-Hidayah, diceritakan bahwa pada hari kiamat nanti, akan didatangkan neraka jahanam dengan mengeluarkan suaranya,suara nyala api yang sangat mengintimidasi, semua umat menjadi berlutut karena kesulitan menghadapinya. Allah SWT berfirman, "Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan." (Surah Al-Jazhiyah ayat 28).

Setelah mereka menghampiri neraka, mereka mendengar kegeraman api neraka dengan nyala apinya dan diterangkan dalam kitab tersebut bahwa suara nyala api neraka itu dapat didengar dari jarak 500 tahun perjalanan. Pada waktu itu, akan berkata setiap orang kepada Nabi-Nabi dengan ucapan," Diriku, diriku (selamatkanlah diriku Ya Allah) kecuali hanya seorang nabi saja yang berkata, "Umatku, umatku."

Beliau adalah junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW. Pada masa itu akan keluarlah api neraka jahanam seperti gunung-gunung, umat Nabi Muhammad SAW berusaha menghalanginya dengan berkata," Wahai api! Demi hak orang-orang yang shalat, demi hak orang-orang yang ahli sedekah, demi hak orang-orang yang khusyuk, demi hak orang-orang yang berpuasa, supaya engkau kembali."

Walaupun demikian, api neraka itu tetap tidak mau kembali, lalu malaikat Jibril AS berkata," Sesungguhnya api neraka itu menuju kepada umat Muhammad SAW." Kemudian Jibril AS membawa semangkok air dan Rasulullah SAW meraihnya. Berkata Jibril AS." Wahai Rasulullah, ambillah air ini dan siramkanlah kepadanya." Lalu Baginda SAW mengambil dan menyiramkannya pada api itu, maka padamlah api itu. Setelah itu Rasulullah SAW pun bertanya kepada Jibril AS." Wahai Jibril, Apakah air itu?" Maka Jibril berkata," Itulah air mata orang di kalangan umatmu yang menangis karena takut kepada Allah SWT. Sekarang aku diperintahkan untuk memberikannya kepadamu agar engkau menyiramkan pada api itu." Maka padamlah api itu dengan izin Allah SWT.

Telah bersabda Rasulullah SAW," Ya Allah anugerahilah kepada kami dua buah mata yang menangis karena takut kepada-Mu, sebelum tidak ditemunya air mata."

Sumber Kisah-Kisah Teladan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar